8 Tips Memilih Agen Properti Bagus

Bagi sebagian orang yang tidak pernah terjun ke dalam dunia pemasaran atau marketing pasti akan sangat kebingungan ketika hendak menjual sesuatu. Apalagi barang yang dijual merupakan barang berharga seperti apartemen ataupun rumah. Menjual properti memang sulit karena memerlukan strategi khusus. Namun Anda tidak perlu repot menawarkan properti Anda jika menggunakan jasa agen.

8 Tips Memilih Agen Properti Bagus

Dengan menggunakan jasa agen properti, Anda tidak perlu bersusah payah mengurusi persoalan jual beli. Apalagi untuk Anda dengan kesibukan kerja yang tinggi, dengan memilih agen properti untuk menjualkan produk Anda merupakan solusi yang tepat untuk segera mendapatkan calon pembeli.

Tingginya harga jual properti memungkinkan para agen untuk memperoleh keuntungan yang tinggi pula. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang untuk menerjuni pekerjaan sebagai agen properti. Namun Anda harus waspada bahwa tidak setiap agen properti mampu bekerja secara professional. Banyak pihak yang memanfaatkan celah bisnis ini untuk melakukan penipuan. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat memilih agen properti.

Inilah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangan agar terhindar dari ulah nakal para agen properti.

1. Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis

Perjanjian tertulis adalah salah satu hal terpenting untuk terhindar dari aksi penipuan. Pastikan hak dan kewajiban antara Anda dan agen properti tertulis dengan jelas serta detail. Jangan lupa pula untuk memasukkan poin-poin yang penting, seperti berapa besaran komisi agen properti dan masa berlakunya perjanjian tertulis tersebut.

2. Pastikanlah status yang dimiliki oleh agen properti

Tips memilih agen properti selanjutnya adalah pastikan status agen properti tersebut. Anda tentu akan merasa tenang mempercayakan penjualan properti Anda jika sudah mengetahui kejelasan status agen yang Anda pilih. Pastikan agen yang Anda pilih mempunyai rekam jejak yang baik.

Cek kejelasan status agen properti apakah telah masuk ke dalam anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Hal ini bertujuan supaya Anda dapat mudah mengontrol kinerja agen properti tersebut nantinya.

3. Cermati rekam jejak agen properti

Rekam jejak merupakan riwayat perjalanan bisnis atau catatan transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Agen properti yang baik akan mempunyai rekam jejak yang baik pula. Selain itu, agen properti yang bagus juga jarang mendapat komplain dari para klien yang ditanganinya.

Agen properti yang bagus bisa dilihat dari banyaknya properti yang telah mereka berhasil jual di pasaran. Penghargaan yang diterima oleh agen properti juga dapat menjadi penilaian lebih ketika memilih agen properti. Jika agen properti yang Anda pilih pernah mendapat penghargaan ternama, mak dapat dikatakan agen tersebut memiliki kinerja yang bagus.

4. Jangan pernah berikan dokumen asli

Meskipun Anda telah memilih agen properti, sikap waspada harus tetap diperlukan jangan sampai terlalu percaya kepada agen hingga memberikan sertifikat atau dokumen yang asli. Jika agen memerlukan dokumen yang asli dari properti yang Anda miliki, cukup berikan salinannya saja. Jagalah dokumen asli Anda hingga menemukan calon pembeli yang sebenarnya.

5. Perhatikan pengetahuan agen tentang lokasi

Saat Anda memilih agen properti, pastikan agen tersebut mengenal secara luas mengenai lokasi Anda melakukan penjualan ataupun pembelian properti. Agen Anda harus memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai sejarah serta ciri khas dari suatu wilayah, agar mereka bisa mengetahui dan menginformasikan kepada Anda bila ada peluang yang bagus di pasaran.

6. Memiliki teknologi yang canggih

Sehubungan degan meningkatnya angka pengguna internet di Indonesia, maka perhatikanlah apakah agen yang Anda pilih memanfaatkan internet sebagai media untuk promosi. Jika tidak, kemungkinan agen yang pilih bukanlah agen yang tepat. Perhatikan juga apakah agen telah memiliki website professional yang sering mengupdate mengenai properti atau tidak.

7. Listing terbaru

Memilih agen properti yang bagus dapat dilihat dari daftar listing yang mereka update di internet. Pastikan Anda mencari informasi mengenai listing terbaru mereka melalui website, periksa juga apakah foto yang diunggah memiliki kualitas yang baik, atau sudah lengkapkah fitur yang mereka sediakan dan sebagainya.

Ingat, nantinya properti yang Anda ingin jual atau sewakan melalui agen akan ada di daftar listing tersebut, oleh karena itu, fakta dan data yang tersedia haruslah terpercaya untuk calon pembeli.

8. Pastikan agen mengerti mekanisme pasar

Agen properti yang bagus akan memahami kondisi pasar terkini. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai jual properti yang akan Anda jual. Nilai jual properti biasanya ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya lokasi, kondisi bangunan, dan keadaan ekonomi masyarakat.

Jika agen properti telah memahami berbagai kondisi tersebut, maka Anda akan lebih mudah menentukan harga jual ataupun harga beli properti.

Itulah beberapa tips memilih agen properti yang bagus. Cermatlah sebelum menentukan agen properti agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.